Selasa, 11 Juni 2013

Zakat

Zakat adalah salah satu rukun Islam yang lima. Zakat berarti "tumbuh dan bertambah". juga bisa berarti berkah, bersih, suci, subur dan berkembang maju. Dalam Alquran kata zakat berulang-ulang dan selalu digandengkan dengan shalat yang yang menunjukkan umat Islam tidak cukup hanya dengan
ibadah shalat saja, bahkan Allah Ta’ala dengan tegas mengatakan kita baru dikatakan saudara seagama setelah melaksanakan taubat-shalat-zakat seperti dalam firmanNya: 

Jika mereka bertaubat, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, maka (mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama. Dan Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi kaum yang mengetahui.(QS.9:11) 
Kita mengeluarkan zakat bukan berarti kita merasa memberi mereka, akan tetapi memang haknya mereka para
fakir-miskin yang harus kita keluarkan seperti dalam FirmaNya:


“Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bahagian”.(QS.51:19) 
Bahkan Allah Ta’ala bagi yang tidak mau mengeluarkan zakat disetarakan dengan orang-orang musyrik yang ingkar terhadap kehidupan akhirat seperti dalam firmanNya :
 
“Dan kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang mempersekutukan (Nya), (yaitu) orang-orang yang tidak menunaikan zakat dan mereka kafir akan adanya kehidupan) akhirat”.(QS.41:6-7)

Sumber: www.dzikir.org